- UCD adalah tentang partisipasi dan pengalaman manusia dalam proses perancanga
- Pengguna – adalah orang yang akan menggunakan sistem. Dapat pengguna langsung yang biasa disebut pengguna akhir (end user) yang menggunakan sistem untuk menyelesaikan pekerjaannya, ata
- Pengguna tidak langsung yang mengguakannya untuk penggunaan yang lain, seperti system administrators, installers dan demonstrators
- Perancangan berbasis pengguna (User Centered Design = UCD) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan filosofi perancangan yang telah beberapa dekade ini menggunakan beberapa nama berbeda, seperti human factors engineering, ergonomics engineering, usability engineering, user engineering. UCD adalah filosofi perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari proses pengembangan sistem.
- Perkembangan filosofi : sebelum pd 2, manusia menyesuaikan diri dengan mesin, setelah pd 2, mesin menyesuaikan diri dng manusia. Bagaimana dengan layout sebuah website? Terima kasih pada kemajuan aplikasi lunak, me-layout website dengan tingkat kerumitan tinggi masih di mungkinkan. Apa yang bisa kita pelajari dari konsep User-Centered Design di atas? Pada intinya, Anda mendesain website sesuai kacamata pengunjung website. Oleh karena itu, data-data tentang siapa para pengunjung yang datang nanti amat penting dimiliki. Sebagai panduan buat Anda, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini untuk mendapatkan data siapa para pengunjung web ini
- Sejauh mana tingkat pengetahuan pengunjung Anda terhadap computer dan Internet? (Sebagai Ilustrasi, pengunjung situs tentang pemrograman mungkin memiliki tingkat pengetahuan lebih tinggi terhadap computer dan Internet dibanding pengunjung situs tentang anak-anak.
- Komputer apa yang biasa dipakai pengunjung untuk mengakses website Anda? (Sebagai ilustrasi , jika pengunjung Anda masih mengandalkan computer dengan resolusi 800 x 600, hindari pembuatan website denagn resolusi tinggi melebihi angka tersebut
- Apa bahasa yang mereka pakai?
- Dari mana mereka berasal?
- Halaman website apakah yang mereka sukai dari situs ini?
- Apa yang mereka cari?
- Berapa usia mereka? (Sebagai ilustrasi, pengunjung anak-anak membutuhkan banyak gambar dan ukuran teks lebih besar disbanding pengunjung orang dewasa).
Proses UCD
Memahami user dan kebutuhannya.
a. Fokus pada user pada tahap awal desain dan
mengevaluasi hasil desain.
b. Mengidentifikasi, membuat dokumentasi dan
menyetujui kegunaan dan tujuan pengalaman user.
c. Perulangan hampir dapat dipastikan. Para
perancang tidak pernah berhasil hanya dalam satu kali proses.
UCD ( user Centered Design ) merupakan paradigma baru dalam pengembangan sistem berbasis web. Perancangan berbasis pengguna (User Centered design = UCD) adalah istilah yang yang digunakan untuk untuk menggambarkan filosofi perancangan. Konsep dari UCD adalah user sebagai pusat dari proses pengembangan sistem, dan tujuan/sifat-sifat, konteks dan lingkungan sistem semua didasarkan dari pengalaman pengguna.
Aturan dalam UCD ( User Centered Design )
1. Perspektif
Pengguna selalu benar. Jika terdapat masalah dalam penggunakan sistem, maka masalah ada pada sistem dan bukan pengguna.
2. Installasi
Pengguna mempunyai hak untuk dapat menginstall atau mengun-install perangkat lunak dan perangkat keras sistem secara mudah tanpa ada konsekuensi negatif.
3. Pemenuhan
Pengguna mempunyai hak untuk mendapatkan sistem dapat bekerja persis seperti yang dijanjikan.
4. Instruksi
Pengguna mempunyai hak untuk dapat menggunakan instruksi secara mudah ( buku petunjuk, bantuan secara on-line atau kontekstual, pesan kesalahan ), untuk memahami dan menggunakan sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efisien dan terhindar dari masalah.
5. Kontrol
Pengguna mempunya hak untuk dapat mengontrol sistem dan mampu membuat sistem menanggapi dengan benar atas permintaan yang diberikan.
6. Umpan Balik
Pengguna mempunyai hak terhadap sistem untuk menyediakan informasi yang jelas, dapat dimengerti, dan akurat tentang tugas yang dilakukan dan kemajuan yang dicapai.
7. Keterkaitan
Pengguna mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang jelas tentang semua prasyarat yang dibutuhkan sistem untuk memperoleh hasil terbaik.
8. Batasan
Pengguna mempunyai hak untuk mengetahui batasan kemampuan sistem.
9. Assistance
Pengguna mempunyai hak untuk dapat berkomunikasi dengan penyedian teknologi dan menerima pemikiran dan tanggapan yang membantu jika diperlukan.
10. Usability
Pengguna harus dapat menjadi penguasa teknologi perangkat lunak dan perangkat keras, dan bukan sebaliknya. Sistem harus dapat dugunakan secara alami dan ituitif.
http://www.sapdesignguild.org
- UCD adalah desain user interface yang memfokuskan usability, karakteristik user, lingkungan, tasks, dan desain workflow dari suatu interface. UCD mengikuti rangkaian metode dan teknik analisis, desain, dan evaluasi mainstream hardware, software, dan interface web.
- Proses pada UCD merupakan proses yang berulang (iterative), dimana tahap desain dan evaluasi dibangun dari tahap awal proyek hingga tahap implementasi.
- Tujuan UCD adalah untuk menghasilkan produk yang memiliki tingkat usability tinggi.
- Usability Engineering Usability engineering adalah disiplin ilmu yang membaha metode terstruktur dalam desain user interface selama proses development
- Manfaat usability engineering
- Manfaat usability engineering adalah mengurangi waktu dan biaya development.
- Mendefinisikan user requirement, testing usability prototypes, dan performa usability di awal development secara signifikan dapat mengurangi cost untuk identifikasi dan pemecahan masalah usability dan dapat menghemat waktu software development.
Contoh:
Penerapan Teori UCD Pada Pembuatan Aplikasi Apotik “Purworedjo”
- Langkah-langkah yang dilakukan mengacu pada konsep UCD
- pengguna “duduk bersama” perancang untuk membuat rancangan wajah antarmuka
- pengguna menyampaikan keinginannya, dan perancang menggambar keinginan pengguna, sambil menjelaskan untung-ruginya
- perancang meminta pendapat pengguna tentang rancangan yang dibuatnya
- proses ini dilakukan secara iteratif
Melibatkan User Pada Tahap Awal Development – Kategori Produk
Mengumpulkan Informasi Mengenai User
- Melalui pertanyaan langsung (survey) kepada beberapa calon pengguna
1. Pernah menggunakan Internet ?
a. Browser yang paling disukai
b. Bahasa yang digunakan
2. Ketertarikan model informasi
a. Dengan gambar cukup
b. Gambar dan penjelasan
3. Menanyakan harapan-harapan dari masyarakat Purworejo mengenai apotik-online
- Menganalisa tugas-tugas yang akan dikerjakan user dan tujuan user
- Memilih menu-menu untuk mencari informasi
- Memasukkan keyword dalam mencari informasi singkat
- Men-click iklan-iklan
- Men-click host news
Umpan Balik Calon Pengguna
Menanyakan ke calon pengguna terhadap desain yang kita berikan (seperti pada gambar) :
-Jika Apotik Online seperti ini bagaimana ?
-Apa yang kurang menarik dari contoh ini ? Melakukan Pengujian Usability yang di pandang dari :
- Usefullness
- Learnability
- Effectiveness
- attitude
Melakukan Pengujian Usability yang di pandang dari :
- Usefullness
- produk memungkinkan user untuk mencapai tujuannya, dan tugas yang didesain sesuai dengan kebutuhan user.
- Learnability
- dapat dipelajari dengan mudah sehingga pencari informasi tidak perlu dilatih terlebih dahulu menggunakannya, bagian sirkulasi dapat menggunakannya dengan baik dengan latihan maksimal 2 kali
- cara mengukur dengan observasi langsung bagi pencari informasi, dan uji coba bagi petugas Apotik
- Effectiveness
- Sistem informasi dapat memberi layanan pemrosesan data secara akurat baik bagi pencari informasi, bagian pelayanan Online maupun administrator.
- cara mengukur, misal dengan pengolahan basisdata yang bebas error
- Attitude
- pengguna merasa nyaman menggunakan sistem informasi apotik tersebut.
- cara mengukur dengan membangun kuesioner untuk mengungkap aspek kepuasan pengguna
Kesimpulan
Dengan menggunakan metode UCD untuk perancangan sistem, sistem yang dihasilkan lebih memberikan kepuasan bagi user dan meningkatkan kemanfaatan sistem tersebut.
Dengan menggunakan metode UCD untuk perancangan sistem, sistem yang dihasilkan lebih memberikan kepuasan bagi user dan meningkatkan kemanfaatan sistem tersebut.
Dikutip dari :
http://melati09.blogspot.com/
//Rabu, July 28, 2010
//Selasa, Agustus 03, 2010
0 komentar:
Posting Komentar